Apa itu Linux ?

 

linux_2014_logo_by_0rax0-d7k6c3x

 

Linux (Linux Is Not Unix) adalah sebuah kernel dari sistem operasi UNIX-like berbasis Open Source yang dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Linux Torvalds pada sekitar awal tahun 90-an. Sebenarnya ada sedikit salah persepsi di kalangan masyarakat terhadap Linux. Linux sebenarnya bukanlah sebuah sistem operasi layaknya Windows atau Mac OS. Karena apa? karena Linux memang hanyalah sebuah kernel. Jadi Linux itu ya hanya inti dari sistem operasinya saja. Ibarat manusia, Linux itu hanyalah roh dari jasad manusia tersebut. Baru setelah muncul seorang bernama Richard Stallman dengan proyek GNU (GNU’s Not Unix) miliknya, dimana GNU ini adalah kumpulan dari tools-tools, libraries, dan aplikasi, yang kemudian digabungkan dengan kernel atau inti sistem operasi bernama Linux tadi. Sehingga akhirnya jadilah sebuah sistem operasi yang terkenal powerful dan handal di masa yang akan datang bernama GNU/Linux.

Berikut ini adalah Filosofi GNU / Linux

  • Linux

    Kernel cloning dari System UNIX yang ditulis pertama kali oleh Linus Benedict Torvalds dengan dukungan dari komunitas di Internet yang bersifat open source. Linux pada perkembangannya kemudian didukung oleh project GNU sehingga saat ini hadir sebagai sistem operasi lengkap dengan beraneka ragam pilihan jenis distribusi (distro) seperti Ubuntu Linux, CentOS dan Slackware.

  • GNU/Linux

    Sistem Operasi utuh yang merupakan gabungan aplikasi-aplikasi, libraries dan tools hasil developing dari GNU Project dengan kernel Linux karya Linus B. Torvals.

  • Lisensi GNU/Linux

    GPL akronim dari General Public License lengkapnya sebenarnya GNU General Public License (GNU GPL) Merupakan salah satu jenis lisensi untuk free software besutan proyek GNU. GNU/Linux menggunakan lisensi ini, jadi salah jika Anda mengatakan GNU/Linux tidak berlisensi.

 

Distribusi GNU/Linux

  • Distribusi

    Lebih Anda kenal dengan sebutan distro yaitu satu kesatuan yang terdiri atas kernel linux beserta software-software pendukung didalamnya seperti paket-paket software, utility dan tools. Jadi sangat jelaslah perbedaan antara Linux sebagai kernel dan Linux sebagai distribusi/distro.

  • Distro Populer Di Indonesia

    Beberapa distro yang populer di Indonesia selain Ubuntu sebagai berikut:

slackware redhat_logo centos.logo_  Debian_logo   android-flat (1)

  • Distro acuan pengembang

    Distro yang hadir saat ini di lingkungan GNU/Linux adalah turunan dari salah satu distribusi dibawah, dikenal juga dengan istilah parent distro. Ada 3 distro acuan yaitu:
    • Redhat, dengan paket RPM (Redhat Package Manager)
    • Debian GNU/Linux, dengan paket *.deb
    • Slackware, dengan paket *.tgz

Source : 
- Mahir administrasi server dan router dengan linux ubuntu server 12.04 LTS pdf
- Materi kelas belajar ubuntu pdf
Advertisements