Instalasi Web Server

Kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara instalasi web server pada ubuntu server 12.04 LTS

Salah satu alasan mengapa Ubuntu Server disebut sebagai sistem operasi yang tangguh dan stabil adalah karena kemampuannya dalam menjalankan layanan-layanan untuk para clientnya dengan sangat baik. Ubuntu Server dapat menjalankan semua aplikasi tersebut secara realtime dan nonstop tanpa mengalami hang atau crash. Begitu pula untuk urusan Web. Banyak server-server web yang ada di dunia menggunakan Linux sebagai OSnya karena kestabilannya itu tadi. Web Server sendiri adalah sebuah sistem yang menyediakan wadah untuk halaman web agar dapat diakses oleh client. Yaitu ketika client mengirimkan permintaan HTTP, maka Web Server akan merespon dengan mengirimkan kode-kode HTML yang akan ditampilkan oleh browser.


Instalasi Apache

Aplikasi Web Server yang terkenal adalah Apache. Apache merupakan aplikasi free berbasis Open Source yang dikenal tangguh dan sering dipakai oleh server-server di seluruh dunia. Apache sendiri sudah tersedia di DVD repositori Ubuntu Server 12.04 LTS, sehingga kalian tidak perlu lagi susah-susah mendownload Apache di Internet.

Cara instalasinya sangat mudah cukup siapkan DVD-DVD Repositori kalian, kemudian eksekusi perintah berikut :

sudo apt-get install apache2

webserver1

  • Jika muncul pesan seperti ini, itu artinya kalian harus memasukkan DVD Repositori yang lain untuk melanjutkan instalasi. Lihat pada bagian yang saya tandai dibawah ini jika kalian bingung untuk memasukkan DVD Repositori yang mana. Disitu terlihat kalian harus memasukkan DVD yang ke-5. Jika sudah, tekan Enter dan instalasi akan kembali dilanjutkan. Hal ini akan berlangsung berulang kali sampai instalasi benar-benar selesai.

webserver2

  • Jika tidak ada pesan kesalahan dan muncul login shell lagi seperti ini, maka instalasi Apache telah berhasil.

webserver3

  • Untuk mengetesnya, buka browser di komputer client, kemudian arahkan ke IP Address server. Jika muncul pesan “It Works!” seperti berikut, maka Apache telah berjalan dengan baik.

webserver4

  • Seluruh konten dari web ini dapat kalian tambah atau edit sesuka hati kalian dengan mengaturnya di direktori root milik Apache yaitu di /var/www.

webserver5


Instalasi PHP5

Setelah menginstall Apache, selanjutnya kalian harus menginstall PHP5. PHP adalah sebuah bahasa pemrograman web yang sangat terkenal dan sering digunakan oleh para web programmer untuk membangun website. Hampir semua website-website yang ada di Internet menggunakan PHP dalam pembuatannya. Akan tetapi secara default, Web Server Apache belum memiliki fungsi untuk dapat membaca skrip bahasa PHP ini. Oleh karena itu kita perlu menginstall layanan PHP5 agar Apache dapat membaca dan mengenali kode-kode PHP yang berekstensi .php.

Cara installnya adalah dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo apt-get install php5

php1

php2

  • Untuk mengetes apakah PHP telah berhasil berjalan dengan baik, maka kalian perlu untuk membuat sebuah skrip PHP terlebih dahulu untuk ditampilkan di browser nanti. Silahkan eksekusi perintah berikut :
sudo nano /var/www/test.php
  • Akan terbuka sebuah layar teks editor yang masih kosong, disitu kalian tambahkan kode berikut :
<?phpinfo() ;  ?>

 

php3

  • Simpan file tersebut dengan menekan CTRL + X, kemudian Y, lalu tekan enter.
  • Buka kembali browser client, lalu arahkan ke alamat http://192.168.1.1/test.php untuk Simpan file tersebut dengan menekan CTRL + X, kemudian Y, lalu tekan enter.
  • Buka kembali browser client, lalu arahkan ke alamat http://192.168.1.1/test.php untuk melihat hasilnya. Jika muncul gambar informasi PHP seperti ini, maka PHP5 telah terintegrasi dengan baik dengan web server.

php5

  • Selesai , Sekian Terimakasih
source : Mahir Administrasi server dan router dengan linux ubuntu server 12.04 LTS.pdf

Baca Juga : Instalasi DHCP Server

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s